Home » » BIOGRAFI KH.ABDUL HALIM KALIBENING SALATIGA

BIOGRAFI KH.ABDUL HALIM KALIBENING SALATIGA

KH. Abdul Halim dilahirkan sekitar pada tahun 1919 M di desa kalibening, dari pasangan kH. Ismail dan Hj.........., beliau putera ke 2 dari 5 bersaudara.masing-masing adalah JAUHARI, ZAMHURI ( H. ABDUL HALIM) , UMI KULSUM, H. ABDULLAH, H. ABDURRAHMAN.
PENDIDIKAN
Beliau menghabiskan waktu kecilnya didunia pesantren. Sejak umur 12 tahun beliau mulai melanglang dari satu pesantren ke pesantren yang lainnya. Diawali dari Pondok tegalsari sususakn kabupaten semarang, yang waktu itu diasuh oleh KH. Hisyam. Beliau disini tidak begitu lama, kemudian belia nyantri di jamsaren solo yang diasuh oleh KH. Darokah.
Setelah itu, beliau melanjutkan dipesantren Roudlotut Tholibin rembang yang diasuh oleh KH. Bisri Mustofa.dan pernah juga menjadi santri di pesantren lasem yang waktu itu disauh oleh KH. Baidhowi.  Di pesantren inilah beliau nyantri cukup lama.
Beliau juga pernah tabarukan kepada ulama besar KH. Hasyim Asyari, utnuk mendapatkan sanad (ijazah)  kitab shohih bukhori.
DARI TEGALSARI SUSUKAN KE PELAMINAN
Waktu  beliau sekitar umur 12 tahun, saat masih menjadi santri di Pesantren tegal sari Susukan diangkat menjadi menantu KH. Hisyam, dengan putrinya yang bernama Miskiyah ( setelah ibadah haji diganti menjadi HJ AMINAH ) yang waktu itu masih berumur 7 tahun. Akad nikahpun dilaksanakan dengan sederhana namun cukup meriah. Saking semangatnya menimba ilmu, setelah menikahpun beliau masih belajar dipesantren
PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH
KEISTIMEWAAN
MENDIRIKAN PONDOK
SENIN KELABU
Seminggu  seblum kewafatanya ,beliau mengadakan pengajian selapanan yang dihadiri ribuan jama’ah dari penjuru kota, diantaranya KH.Mahrus ali pendiri Ponpes lirboyo.  Seperti sudah mendapatkan isyarat dari yang kuasa, Pada hari ahad, beliau menyuruh istrinya untuk mencuci sorban yang dimiliki, untuk menghormat kiyai

Kontributor:Santri PPHM
Sumber:Dewan Pengurus PPHM Salatiga

0 comments:

Post a Comment