Home » » Ngaji Posonan, Nggak Perlu Menguras Kantong Buat Menu Berbuka, Yaa Hanya Disini

Ngaji Posonan, Nggak Perlu Menguras Kantong Buat Menu Berbuka, Yaa Hanya Disini


Ngaji Posonan atau kilatan pada bulan Ramadhan adalah satu hal bentuk untuk memperoleh banyak berkah di bulan yang penuh kebajikan dan suatu harapan sebagian umat muslim untuk mendapatkan kemenangan dalam menjalani ibadah-ibadah tertentu yang dilakukannya.

Banyak tradisi-tradisi yang dilakukan oleh umat Muslim dalam mengharapkan datangnya berkah di Bulan Ramadhan, antara lain dengan menjalankan puasa di Bulan Ramadhan, Sholat Tarawih, Tadarus Al-Qur’an, memperbanyak amal dan sedekah, serta mengikuti kegiatan kajian ilmu agama. Di Indonesia sendiri tradisi kegiatan pengajian ini berbeda-beda baik berupa pesantren kilat maupun ngaji posonan.

Nah bagi kalian yang ingin kilatan di pondok pesantren, namun masih pilih-pilih dan bingung dimana tempat ngaji posonan yang tepat serta tidak membutuhkan biaya besar dalam 30 hari terahir, rekomendasinya yaitu di PPHM Kalibening Salatiga.

Terlebih karena santri-santri PPHM Kalibening Salatiga telah mendapatkan menu berbuka setiap hari dari warga sekitar. Tradisi ini telah berjalan selama bertahun-tahun, Warga sekitar pesantren Kalibening sangat antusias memberikan menu berbuka puasa dalam bentuk tamber atau istilahnya yaitu ambengan. Setiap harinya ada belasan ambengan yang diberikan oleh warga sekitar untuk santri-santri yang mengaji tak lain juga buat yang hanya sementara (Kilatan saja).

Rasa cinta dan keantusiasan masyarakat terhadap santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubatadi-ien sangatlah besar, terbukti tradisi ambengan yang ada disini masih berjalan setiap tahunnya ataupun juga setiap ada acara-acara kegiatan yang ada dalam Pondok Pesantren, masyarakat kalibening selalu ada disisi, untuk memberikan bantuan. Entah dari segi tenaga dan juga segi financial.

Kami dari keluarga besar PPHM sangat-sangat berterima kasih atas semua bantuan yang telah diberikan masyarakat setiap harinya. Perjuangan dan rasa cinta terhadap penuntut ilmu begitu luar biasa dan semoga semua masyarakat Kalibening selalu mendapatkan berkah serta selalu dilimpahkan banyak rezeki.Amin

Semoga tulisan ini dapat menambah khazanah tentang tradisi masyarakat di Indonesia tentang ngaji posonan,khususnya buat warga Kalibening Salatiga, dalam menyambut bulan Ramadhan dan semoga amal dan ibadah yang kita akan jalankan di bulan Ramadhan tahun ini berbuah berkah dari Allah SWT, serta kita dapat dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang akan datang. Amin.



0 comments:

Post a Comment