Home » » Latihan Muhafadhah Menjelang Haflah Muwada’ah Akhirusanah 2017

Latihan Muhafadhah Menjelang Haflah Muwada’ah Akhirusanah 2017


Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Baik, melimpahkan petunjuk kepada kita sehingga kita tidak termasuk orang-orang yang tersesat dalam menjalani hidup di dunia ini. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Sering Kali kita mendengar istilah Haflah Akhirusanah,yaa betul istilah ini kita kenal di pondok pesantren.Dan pada umumnya dilakukan sekali pada setiap tahunnya guna untuk merayakan atau syukuran khatamnya beberapa kitab yang telah dikaji dipondok pesantren ataupun di Madrasah Diniyah,karena dua lembaga ini adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.Oleh karena itu Madrasah diniyah adalah Ruhnya dari pondok pesantren.

Menjelang Haflah Muwada’ah Akhirusanah PPMHM Salatiga  yang sebelumnya ada  beberapa kegiatan mulai dari Lomba Keagamaan,Pentas Seni,Muhafadhah, sampai pada acara puncaknya.Tentunya dalam menyambut Haflah Muwada’ah Akhirusanah ini berupaya semaksimal mungkin menyiapkan beberapa hal yang harus disiapakan pada acara nanti.Seperti Muhafadhah dll.

Dan kegiatan Muhafadhah ini setiap kelas menampilkan bait-bait Nadhom yang telah dipelajari di kelasnya  masing-masing.Oleh karena itu Santri diwajibkan untuk menghafal nadhom tersebut.Pada kesempatan ini upaya pengurus PPMHM untuk bisa mengatur,melatih agar nanti dapat tampil secara maksimal.

Adapun Kitab yang dipakai pada setiap kelasnya terdiri dari Sulamsibyan,Al Imrity,dan Alfiyah.Kitab ini berisikan syair-syair qoidah Nahwiyah Shorfiyah.Kegiatan latihan Muhafadhah sendiri biasa dilakukan pada setiap malam senin.Karena sebagai ajang keterbiasaan dalam penampilan.


Foto-foto latihan Muhafadhah diserambi  Masjid Al-Muttaqin Kalibening













0 comments:

Post a Comment